CPNS buka, tapi…

As public administration graduate, tentu keinginan buat jadi abdi negara ada, tinggi. Apalagi ngeliat birokrasi di daerah sendiri yang carut marut. Ingin rasanya jadi bagian perubahan. Setelah memperhatikan betul formasi yang dibutuhkan, ternyata, lulusan administrasi publik nggak dibutuhkan kali ini. Di daerah saya. Hmm, ingin bilang. “administrasi gak cuma di meja kerjanya, ricek deh kebutuhanmu. atau bahkan nggak tau keberadaan administrasi publik wkwkw”. Tapi inget kalo perumus formasi pasti lebih jago dari anak kecil sok pinter hehe.

Melihat animo calon peserta CPNS tahun lalu – saya juga nyoba-, apa yang dapat saya simpulkan?. Waw. Saya sempat berbincang dengan beberapa peserta lain mengapa mereka ikut seleksi CPNS yang rasio kelulusannya hampir 1:1000 (Ya anggaplah seperti itu). Alasan mereka macam-macam. “Aku udah kerja, dek. Udah 3 tahun di perusahaan. Tapi Mama pengen aku jadi PNS”, “Hidup PNS kan terjamin, Nad. Pensiun dapat gaji”. “Anak publik ya kesini arahnya”, “Pengen ngabdi sama negara”, dan banyak lainnya.

Tapi, boleh gak, kalo aku bilang semua itu gara-gara semakin sedikitnya lapangan pekerjaan? atau rasio antar lulusan sama ketersediaan pekerjaan nggak match. Atau boleh aku tarik ke “kita belum sampe ke arah pendidikan, kita masih di taraf pengajaran”?. Banyak faktor sih. Bahkan kamu, mahasiswa akhir bisa ngangkat ini jadi tema penelitian. “Factors Affected Interest on CPNS Selection”, ya gitulah kira-kira bahasa inggrisnya wkwkw.

Apa saya kecewa dengan ketiadaan formasi di daerah saya?. Jawabannya jelas. IYA. Sebagai seorang perantau yang cuman pulang setahun dua kali, bekerja di daerah sendiri adalah cita-cita mulia. Selain bisa ngabdi sama daerah, tentunya juga bisa pulang ke rumah. Guys, u know that i left my home when i was 11. Too young for leaving home. Hiks. Malah curhat. Stop.

What i try to say is, whatever your job/profession is, love it!. Be grateful for everything God gave u. Semua ada masanya. (Sok bijak aja sih, wkwk)

But, the important one for now is, Jumat besok saya mau seminar proposal dulu. Doakan yawww. Sekarang lagi belajar, tapi belajar yang lain. Wkwkw why I am so easy to be distracted.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s